Pengertian Dan Definisi Adat

Posted by Bramastana Dewangga On Selasa, 10 Juli 2012 1 komentar



    Adat adalah aturan, kebiasaan-kebiasaan yang tumbuh dan terbentuk dari suatu masyarakat atau daerah yang dianggap memiliki nilai dan dijunjung serta dipatuhi masyarakat pendukungnya. Di Indonesia aturan-aturan tentang segi kehidupan manusia tersebut menjadi aturan-aturan hukum yang mengikat yang disebut hukum adat. 

  Adat telah melembaga dalam dalam kehidupan masyarakat baik berupa tradisi, adat upacara dan lain-lain yang mampu mengendalikan perilau warga masyarakat dengan perasaan senang atau bangga, dan peranan tokoh adat yang menjadi tokoh masyarakat  menjadi cukup penting.

    Adat merupakan norma yang tidak tertulis, namun sangat kuat mengikat sehingga anggota-anggota masyarakat yang melanggar adat istiadat akan menderita, karena sanksi keras yang kadang-kadang secara tidak langsung dikenakan. Misalnya pada masyarakat yang melarang terjadinya perceraian apabila terjadi suatu perceraian maka tidak hanya yang bersangkutan yang mendapatkan sanksi atau menjadi tercemar, tetapi seluruh keluarga atau bahkan masyarakatnya.

Sumber : Klik

Semoga artikel Pengertian Dan Definisi Adat bermanfaat bagi Anda.Amin...

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 1 komentar

15 Agustus 2017 22.56

Seperti yang sudah d sampaikan di atas bahwa adat aturan, kebiasaan-kebiasaan yang tumbuh dan terbentuk dari suatu masyarakat. Seperti halnya yang sudah saya tulis juga tentang Definisi Adat, Hukum Adat dan Masyarakat Hukum Adat yang Berkembang Di Indonesia

Kritikan : Penjelasan di atas memanglah baik, akan tetapi perlu diperpanjang / diperlebar dari definisi tersebut agar kita menjadi lebih tau. Terimakasih

Terimakasih Galeri Budaya atas Komentarnya di Pengertian Dan Definisi Adat

Posting Komentar

Stop Spam,kesopanan juga berlaku di internet bro... berlaku juga di kotak komentar ini.Dukungan dan kritikan untuk kemajuan sangat di perlukan.
Thanks visit IXE-11.Inc....

Bramastana D

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified