Fenomena Tangan Bergerak Sendiri (Alien Hand Syndrome))

Posted by Bramastana Dewangga On Kamis, 12 Juli 2012 0 komentar


Kali ini IXE-11™ akan membahas tentang fenomena atau penyakit yang cukup mengerikan yaitu Alien Hand Syndrome.Alien Hand Syndrome (AHS) atau disebut juga Dr Strangelove syndrome merupakan keadaan dimana bagian tubuh seseorang dapat bergerak sendiri tanpa diperintah seakan-akan bagian tubuh tersebut mempunyai pikiran dan kehendak sendiri.

Biasanya bagian tubuh yang dapat terkena sindrom ini adalah tangan, namun dalam beberapa kasus terdapat juga kaki.

Bayangkan jika tangan kalian tiba2 bergerak sendiri ketika kalian sedang tidur, berjalan, atau yang lainnya. Tangan bergerak sendiri seakan mempunyai pikiran dan kehendak lain selain dari otak. Ingin menulis tiba2 tangan melambai2, sedang jalan tiba2 tangan memegang2 yg lain, pastinya kalian akan merasa risih, aneh, dan ketakutan. Secara gampangnya seperti tangan doc.octopus di film spiderman yg dapat bergerak sendiri.



Karena begitu menakutkan dan membingungkan banyak orang yang membuat kesimpulan aneh2 seperti, tangan tersebut ada yg mengendalikan (memangnya di indonesia ada istilah susuk yang bisa mengendalikan orang), tangan mempunyai kesadaran/roh sendiri, kerasukan roh yang nyasar, sampai yang menurut saya paling ngaco adalah dikendalikan oleh alien dari luar angkasa.

Penjelasan

"AHS adalah neurological disorder (kelainan neurologis) yang membuat korban merasa dia telah kehilangan kontrol dari salah satu tangannya.".

Kalimat diatas adalah kata kunci untuk menjawab misteri ini. "Kehilangan kontrol", normalnya kita dapat mengatur dan memerintah seluruh bagian tubuh kita melalui otak. Kita menggunakan otak kanan untuk memerintah tubuh kita dengan menggunakan semacam sinyal listrik. Nah, dalam kasus AHS ini penderitanya tidak bisa mengalirkan sinyal listrik tersebut secara benar (ada gangguan).

Jika disuruh mengangkat tangan sambil menutup mata, maka penderita syndrome ini akan merasa dia telah mengangkat tangannya namun sebenarnya tangannya tidak terangkat atau bahkan sedang bergerak2 kesana kemari.

Dalam kasus ekstrim, telah dilaporkan penderita pernah melakukan pergulatan/perkelahian dengan tangan mereka sendiri, dan bahkan ketika saat tidur. Alien Hand Syndrome ini disebabkan oleh trauma/gangguan ke otak tidak berbeda seperti halnya stroke, hilang ingatan, geger otak/cedera otak, dll. Karena disebabkan oleh cacat otak, maka penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan sampai sekarang belum ditemukan cara pengobatannya. Walau begitu gejala-gejalanya dapat diobati dengan melakukan terapi secara berkala.

Uniknya tangan yang terkena Alien Hand Syndrome ini bisa melakukan berbagai macam hal seperti yang bisa dilakukan ketika tangan dikendalikan secara normal. Jadi tangan yang terkena AHS dapat memegang, menunjuk, memanipulasi alat2, dll.

Mungkin ini disebabkan karena adanya ingatan diotak untuk menggerakkan tangan seperti biasa, namun dalam kasus AHS otak sadar tidak bisa mengendalikan bagian tubuh yang terinfeksi melainkan otak bawah sadar yang menggerakannya.

Untuk lebih jelasnya berikut saya berikan video yang saya ambil dari youtube mengenai Alien Hand Syndrome.





Pria diatas adalah penderita alien hand syndrome. Dia tidak bisa mengendalikan tangannya sesuai keinginan, dapat dilihat ketika dia disuruh berbagai macam hal dengan tangannya dia merasa sudah melakukannya namun pada kenyataannya tangannya melakukan hal lain.

Syndrome ini dapat menyerang siapa saja khususnya diusia 30 keatas. Syndrome ini juga dapat terjadi dikarenakan akibat/efek samping dari operasi tertentu yang berkaitan dengan otak dan gelombangnya, seperti stroke dan lainnya. Untungnya penyakit ini tidak terlalu banyak, dengan kata lain kemungkinan seseorang normal terkena syndrome ini kecil, lain halnya jika memang orang tersebut sudah kelainan otak dari kecil.

Beberapa contoh lain yang terkena syndrome ini:


Banyak kejadian misterius didunia ini, banyak juga penyakit2 dan kejadian2 aneh didunia ini. Kalau kita ada di jaman dulu kita boleh saja menyimpulkan kejadian2 aneh ini dengan hal2 berbau mistik atau alien. Namun kita sudah berada di zaman modern dimana hampir semua hal bisa dijelaskan secara ilmiah.

Jadi fenomena seperti ini harus bisa kita lihat dari sisi ilmiah dulu jangan langsung beranggapan mistis (kebanyakan orang Indonesia). Seperti kasus AHS ini, banyak yang mengatakan tangan tersebut dikendalikan alien, setan, kemasukan roh, dsb. Padahal hanya peristiwa normal yang disebabkan gangguan otak dan bisa dijelaskan secara ilmiah.



Semoga artikel Fenomena Tangan Bergerak Sendiri (Alien Hand Syndrome)) bermanfaat bagi Anda.Amin...

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Poskan Komentar

Stop Spam,kesopanan juga berlaku di internet bro... berlaku juga di kotak komentar ini.Dukungan dan kritikan untuk kemajuan sangat di perlukan.
Thanks visit IXE-11.Inc....

Bramastana D

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified